Program Studi Teknologi Pangan menyusun kurikulum berdasarkan regulasi pemerintah tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Regulasi ini memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar selama 3 semester di luar program studi mereka. Melalui program ini, mahasiswa memiliki kesempatan luas untuk memperluas dan meningkatkan wawasan serta keterampilan mereka di dunia nyata, sesuai dengan minat dan tujuan mereka. Selain itu, peninjauan kurikulum Program Studi Teknologi Pangan juga bertujuan untuk menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pemangku kepentingan internal dan eksternal, termasuk visi dan misi Program Studi serta pengguna lulusan.
Lulusan Program Studi teknologi pangan FAPERTA Universitas Negeri Gorontalo meliputi 6 profil lulusan yaitu Penjamin Mutu dan keamanan pangan, Pengembang produk pangan (R&D), Ahli pengolahan pangan (processing engineering), Akademisi, Wirausaha Pangan dan Birokrat di Bidang Pangan;
No. |
Ranah Kompetensi Inti |
Capaian Pembelajaran | Ciri PT |
1. |
Kimia dan analisis Pangan/hasil pertanian |
• Menjelaskan kejadian kimia utama yang mendasari sifat dan reaksi berbagai komponen pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan cara pengendalian reaksireaksi kimia yang terjadi di dalam bahan pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan kaitan reaksi kimia dengan mekanisme kerusakan dan umur simpan bahan pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan prinsip teknik dan metode analisis pangan/hasil pertanian. • Memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai teknik analisis kimia dasar dan terapan pada bahan pangan/hasil pertanian. • Memilih teknik analisis pangan/hasil pertanian yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhan |
Memiliki kemampuan berpikir kreatif, inovatif, memiliki integritas dalam pengelolaan sumberdaya pertanian berbasis potensi wilayah dan kearifan lokal di Asia Tenggara |
2. |
Mikrobiologi dan keamanan pangan/ hasil pertanian |
• Mengidentifikasi mikroba patogen dan penyebab kerusakan pangan/hasil pertanian serta kondisi pertumbuhannya. • Menjelaskan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba. • Mengidentifikasi kondisi untuk menginaktivasi dan membunuh mikroba pembusuk dan patogen. • Menjelaskan prinsip-prinsip pengawetan dan pengolahan pangan/hasil pertanian dengan proses fermentasi. • Menjelaskan dan memiliki keterampilan dalam melakukan teknik analisis mikrobiologi dalam bahan pangan/hasil pertanian. |
|
3. |
Rekayasa dan proses pengolahan pangan/ hasil pertanian |
• Menjelaskan karakteristik bahan baku, ingredien dan bahan tambahan pangan dan pengaruhnya terhadap karakteristik produk pangan/hasil pertanian yang dihasilkan • Menjelaskan mekanisme kerusakan bahan Pangan/hasil pertanian dan mengidentifikasi cara pengendaliannya. • Menjelaskan kesetimbangan massa dan energi dalam proses pengolahan pangan/ hasil pertanian. • Menjelaskan prinsip proses transfer panas dan massa dalam proses pengolahan pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan prinsip unit operasi dan unit proses di industri pangan/hasil pertanian. • Mengidentifikasi unit operasi dan peralatan proses yang sesuai dalam proses pengolahan pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan prinsip dan teknik penanganan dan pengolahan pangan/hasil pertanian, serta pengaruh parameter proses terhadap mutu, keamanan dan umur simpan produk pangan/hasil pertanian. • Menjelaskan karakteristik dan penggunaan bahan pengemas. • Menjelaskan persyaratan air untuk pengolahan pangan/hasil pertanian dan cara pengelolaan limbah dari pengolahan pangan/hasil pertanian. |
|
4. |
Biokimia pangan, gizi dan kesehatan |
• Menjelaskan proses biokimia, konsep dasar ilmu gizi serta hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi dan kesehatan. • Menjelaskan proses pencernaan dan metabolisme zat gizi. • Menjelaskan perbedaan zat gizi dan pangan fungsional dalam hubungannya dengan kesehatan dan kebugaran • Menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan. • Menjelaskan teknik laboratorium yang umum diaplikasikan dalam biokimia dan evaluasi nilai biologis pangan. |
|
5. |
Ilmu pangan/hasil pertanian terapan |
• Menerapkan dan menginkorporasikan prinsip-prinsip ilmu pangan/hasil pertanian dalam praktek dan kondisi nyata di industri pangan/hasil pertanian. • Menguasai prinsip dasar evaluasi sensori/penilaian inderawi bahan pangan/hasil pertanian. • Memilih teknik pengemasan dan penyimpanan pangan/hasil pertanian dalam memperpanjang umur simpan produk pangan/hasil pertanian. • Menerapkan prinsip statistika dan komputer di bidang pangan/hasil pertanian. • Mengembangkan produk pangan/hasil pertanian berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pangan/hasil pertanian. • Menerapkan sistem penjaminan mutu dalam rantai proses pengolahan pangan/hasil pertanian. • Menerapkan prinsip pembersihan dan sanitasi dalam pengolahan pangan/hasil pertanian. • Menerapkan peraturan dan manajemen keamanan pangan. • Memahami isu mutakhir dalam bidang pangan/hasil pertanian. |
|
6. |
Kecakapan hidup |
• Mendemonstrasikan kemampuan komunikasi lisan dan tulisan yang berkaitan dengan aspek teknis dan nonteknis. • Berfikir kritis, mengidentifikasi akar masalah dan pemecahannya secara komprehensif, serta mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data. • Memiliki integritas profesional dan berkomitmen terhadap nilai-nilai etika. • Memiliki sikap untuk belajar seumur hidup (life-long learning). • Memimpin dan bekerja dalam tim, mandiri dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya. • Bekerja sama dengan individu yang memiliki latar belakang sosial dan budaya yang beragam. • Mencari, merunut, menyarikan informasi ilmiah dan non-imiah secara mandiri dan kritis. • Beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dan menangani berbagai kegiatan secara simultan pada berbagai kondisi. |
AREA SNDIKTI | KODE |
DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
Sikap (S) | CPL 1 |
Menunjukkan sikap bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, berperan sebagai warga Negara yang memiliki jiwa nasionalisme, mengintegrasikan nilai, norma dan etika akademik serta sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
Keterampulan Umum (KU) 1 |
CPL 2 |
Menerapkan pemikiran ilmiah, logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan IPTEK dan menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur serta mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk tugas akhir. |
Keterampulan Umum (KU) 2 |
CPL 3 |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya dan mengembangkan jaringan kerja serta bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja termasuk supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. |
Pengetahuan (P) | CPL 4 |
Menerapkan pengetahuan kimia dan analisis pangan, mikrobiologi, keamanan pangan, rekayasa dan pengolahan pangan, biokimia pangan, gizi dan Kesehatan, ilmu pangan terapan dan kecakapan hidup |
CPL 5 |
Menganalisis konsep, prinsip dasar, hubungan reaksi kimia, komponen gizi, dan penyebab kerusakan pada bahan pangan, serta menguraikan konsep teoritis mikroba pada bahan pangan, sanitasi dan keamanan pangan |
|
CPL 6 |
Menganalisis prinsip dasar, konsep dan rekayasa teknologi pengolahan pangan, pengemasan dan penyimpanan bahan pangan, serta menguraikan konsep teoritis pangan fungsional secara biokimia |
|
CPL 7 |
Mengevaluasi dasar ilmu teknologi pertanian berkelanjutan berdasarkan konsep dasar manajerial dan profesionalisme kerja dalam bidang pengetahuan bahan, pascapanen, pengujian organoleptik dan mendesain rancangan percobaan serta pengelolaan limbah dan analisis dampak lingkungannya |
|
Keterampilan Khusus (KK) |
CPL 8 |
Memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan Teknik dasar Analisa pangan sesuai dengan karakteristik bahan pangan, perubahannya selama pengolahan serta mampu menganalisa organoleptik dan merancang suatu percobaan dan pengolahan data secara statistik |
CPL 9 |
Mempunyai keterampilan dalam mengidentifikasi dan menganalisis mikrobiologi serta membuat dokumen jaminan mutu dan keamanan pangan |
|
CPL 10 |
Mempunyai keterampilan dalam rekayasa proses pengolahan pangan berdasarkan karakteristik bahan dan penggunaan alat pengolahan dan prinsip kerja pada setiap proses, serta mampu mengembangkan inovasi produk baru sampai pada pengemasan dan penyimpanannya |
|
CPL 11 |
Mempunyai keterampilan mengidentifikasi proses metabolisme komponen- gizi pangan dan menganalisa senyawa aktif bahan pangan yang memiliki sifat fungsional bagi kesehatan |
|
CPL 12 |
Mendemonstrasikan kemampuan berwirausaha yang menguasai prinsip technopreneurship dan literasi digital serta mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan secara baik |
Untuk lebih lanjut bisa unduh file berikut ini : Kurikulum Prodi S1 Teknologi Pangan
Pelatihan Teknologi Tepat Guna dengan Topik: Pengolahan Cabe bubuk Instant
dan Tomat Rasa Kurma (Torakur)
Pelatihan Teknologi Tepat Guna dengan Topik:
1. Penerapan Good Handling Practices (GHP) dan Good Manufacturing Practices (GMP) Pisang
2. Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Pengolahan Hasil Samping Buah Nangka menjadi Produk Olahan Pangan
3. Pembuatan Stik Pepaya untuk Meningkatkan Pendapatan Keluarga
Dilakukan melalui forum diskusi prodi di pimpin oleh ketua jurusan dengan melibatkan tim taks force penyusun Instrumen Suplemen Konversi (ISK)
Instrumen Suplemen Konversi (ISK) digunakan oleh perguruan tinggi atau program studi untuk melakukan konversi peringkat akreditasi